Minggu Memanggang : Chocolate Souffle

Sejak keranjingan nonton serial Masterchef di TV dari jaman pacaran dulu, saya dan suami menjadi selalu penasaran dengan masakan barat yang jarang ditemukan di Jakarta ataupun Bandung. Salah satunya adalah souffle. Dari sekian serial Masterchef dengan tantangan memasak souffle yang pernah ditonton kok rasanya gampang-gampang-susah yah bikinnya. Dan kenyataannya memang demikian. Bahan-bahannya mudah ditemukan tapi ternyata memanggangnya harus dengan teknik yang ga bisa ditawar-tawar. Salah satunya adalah memanggang dengan oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dan jangan sekali-kali membuka oven untuk memeriksa apakah soufflenya sudah matang atau belum. Karena begitu dibuka *pufffff langsung kempes melempem deh soufflenya. *pengalaman kemarin :D


Pengalaman makan souffle waktu itu saya dapatkan ketika makan malam dengan teman-teman di Ocha n Bella, Morrisey beberapa tahun yang lalu. Lime atau Lemon Souffle saya agak lupa tapi yang jelas saya terkejut dengan kelezatannya. Dessert yang satu ini unik dan sangat enak bagi orang yang tidak terlalu suka makanan manis seperti saya. Rasanya ringan, hangat, kecut lemon tapi sekaligus manis dan wangi. Disajikan dengan eskrim vanila menyeimbangkan rasa asam dari soufflenya. Sejak saat itu selalu ingin mencoba bikin sendiri tapi baru kesampaian baru-baru ini. Hihi.

Resep ini saya dapatkan dari blog mba ini :)
Resep-resep makanan di blog ini sangat menarik dan enak dipandang membuat kita tergiur untuk ikutan mencoba. Menginspirasi sekali. 

Dan Taaadaaaa!!
Inilah Souffle yang saya buat :D


Ini merupakan kali kedua mencoba bikin Souffle.
:)

Dulu sempat bikin dan gagal karena oven milik saya yang saya gunakan ternyata kurang panas, sehingga souffle tidak mengembang dan bagian bawahnya kurang matang. 

Sabtu kemarin karena pak suami minta bikinin souffle maka kali ini mencoba menggunakan oven mamih mertua agar berhasil.

Hasilnya?

Cukup berhasil walau tidak sesempurna yang saya inginkan.
Souffle yang pernah saya makan mengembang rata ke atas melebihi ramekin/mangkoknya.
Lah kok yang saya buat seperti gunung meletus yah. haha.
Tapi cukup puas dengan hasilnya, matang sempurna dan rasanya juga pas, enak dan tidak terlalu manis *muji diri sendiri :p

Lain kali mau coba bikin lagi ah.
Mungkin souffle rasa lain seperti Lemon Souffle dan semoga mengembang dengan sempurna seperti yang saya inginkan.

Berikut step by step memasak Chocolate Souffle yang saya masak kemarin.
Enjoy!










1 comments :

  1. ihh cakep souflenya (dan terlihat sangat enak) fiii.. aku pernah sekali bikin cuma gak secakep ini dan langsung mimpes bahkan belum sempet difoto hahaha

    ReplyDelete

 

Hi! Welcome to My Blog

Hi! Welcome to My Blog
Fianty T Triswara. Family Blogger.

Quotes

"Children have never been very good at listening to their elders but they never failed to imitate them" - James Baldwin

“The hardest job kids face today is learning good manners without seeing any”- Fred Astaire.

“Motherhood is not a battle against other mothers. Motherhood is your journey with your children” –NN

“Every time you eat or drink, you are either feeding disease or fighting it.” – Heather Morgan.

Kind Reminder

Please do not copy paste without my permission. Thank you.